2010/03/31

free push-mail untuk ponsel berbasis java

pengguna blackberry (bb) sudah sedemikian menjamur. ntah karena latah ikut2an orang lain atau memang karena kebutuhan. kita gak pernah tau. tapi, yang jelas blackberry merupakan gadget populer saat ini, bahkan loper koran dekat kantor gw pun sudah menggunakan blackberry. jadi yang punya bb, gak usah sok dah. seorang loper koran juga punya kok. lalu, apa sih yang bikin blackberry begitu tenar? ada banyak fitur yang ditawarkan bb, dan salah satu fitur yang menurut gw menarik adalah teknologi push-mail. trus, apa nih maksudnya push-mail? apakah harus punya bb baru kita bisa menikmati push-mail?

sebelumnya, apa sih push-mail itu? kalo menurut bahasa gw, push-mail merupakan fitur yang memperlakukan sebuah e-mail seakan-akan sebuah sms. sehingga, setiap ada e-mail baru yang kamu terima, fitur push-mail akan langsung memberitahukan kepada kamu bahwa ada e-mail baru yang masuk. yup, seperti layaknya sebuah sms.

berbeda dengan aplikasi e-mail client standar, yang kita harus menekan tombol reload atau receive e-mail setiap kita ingin mengetahui apakah kita sedang kedatangan e-mail baru, dengan fitur push-mail, kamu akan langsung mengetahui setiap e-mail baru yang masuk.

jelas gak ya kira2? :)

nah, bagi kalian yang tidak/belum memiliki blackberry (seperti gw), kalian juga bisa ikut menikmati fitur push-mail. satu aplikasi yang paling gw sarankan adalah Mobiquus. aplikasi ini ampuh menambahkan fungsi push-mail pada ponsel kamu, khususnya ponsel yang mendukung java mobile atau j2me. dan sejauh ini, gw sangat puas dengan aplikasi ini.

Mobiquus merupakan aplikasi e-mail client berbasis java yang dilengkapi fitur push-mail, dan yang lebih manarik lagi, mobiquus ini gratis, alias kamu gak perlu bayar untuk menggunakannya. yang harus kamu bayar hanyalah pulsa internet yang digunakan untuk koneksi e-mail.

tahap pertama untuk menggunakan aplikasi Mobiquus, lakukan register terlebih dahulu ke situs: https://www.mobiquus.com/register

ada dua pilihan register yang bisa kamu dipilih:
(1). mendaftarkan sebuah e-mail yang kamu miliki ke Mobiquus lengkap dengan alamat server POP nya.
(2). membuat akun baru di Mobiquus yang nantinya menghasilkan alamat e-mail: (contoh) nickname@mobiquus.com

perbedaan kedua pilihan itu, kalo pilihan (1) proses registrasi yang kamu lakukan cukup sampai di situ, sedangkan pada pilihan (2) setelah registrasi, proses berikutnya kamu harus mengkonfigurasi e-mail kamu agar men-forward secara otomatis setiap copy e-mail baru ke alamat (contoh) nickname@mobiquus.com.

kalo gw sendiri menggunakan pilihan (2). soalnya proses penerimaan e-mail baru ke ponsel terasa lebih cepat dibanding pilihan (1). lagipula, konfigurasi forward otomatis tidak sulit tuk dilakukan. dan beberapa e-mail gratis, seperti Gmail dan Hotmail (kecuali Yahoo) sudah dilengkapi fasilitas forward-mail. selain itu, berbeda dengan pilihan (1) di mana kita hanya meregistrasikan satu e-mail saja, pada pilihan (2) kita bisa men-forward semua e-mail yang kita miliki ke satu akun mobiquus, sehingga kita bisa mengetahui info setiap e-mail baru dari semua akun e-mail kita yang diforward ke akun mobiquus (hanya saja, saat melakukan replay, e-mail kita yang digunakan sebagai header From adalah e-mail pribadi kita yang diregistrasikan ke mobiquus). selain itu, dengan menggunakan pilihan (2), informasi autentikasi username dan password e-mail kita tidak akan diketahui oleh Mobiquus.

setelah melakukan registrasi. buka browser bawaan ponsel kamu dan buka alamat situs: http://d.mobiquus.com. nantinya situs Mobiquus akan langsung mengenali merk dan tipe ponsel kamu. langsung saja download dan instalasi aplikasi mobiquus.

setelah proses instalasi mobiquus selesai dan aplikasi Mobiquus dijalankan, masukkan autentikasi berdasarkan pilihan registrasi yang dilakukan sebelumnya. pilih Menu -> Minimize agar aplikasi Mobiquus agar aktif secara background, sehingga kamu tetap menerima pemberitahuan setiap e-mail baru yang datang.

pengoperasian Mobiquus sangat mudah, seperti layaknya aplikasi e-mail client. kita juga bisa mengirim e-mail berupa teks maupun gambar, me-replay, hingga men-forward e-mail.

sekarang, kamu sudah menikmati fitur push-mail tanpa harus menggunakan bb. dan sekarang kamu jadi bisa menerima e-mail di mana saja. dan bagi pengguna facebook, kamu akan langsung tahu setiap ada pemberitahuan dari facebook, seperti pesan dari teman (message), komentar dinding (wall), penambahan teman (add friend), dan lain2nya. menarik gak tuh?

2 comments:

  1. Anonymous17/9/10 09:16

    menarik. tapi kasih tau donk tipe hp apa aja yg berbasis push-mail....

    ReplyDelete
  2. oh, hampir semua ponsel berbasis java bisa. tinggal ikuti aja langkah2 di atas.

    karena itu inti tulisan ini, gak harus ber-BB buat bisa ber-pushmail... ya kan?

    ReplyDelete