2014/09/01

kita dan mood

tau gak, kadang kita merasa berada di mood yang rendah dan yang pertama kali yang kita lakukan adalah melakukan sesuatu yang kita senangi untuk menangani mood tersebut. setidaknya agar jangan sampai mood tersebut mengantar kita ke pinggir tebing. nah, yang kita lakukan memang berbeda2 setiap individu. ada yang melukis, bermusik, berlari, berenang, hingga membawa mobil menuju entah ke mana. nah, gw sendiri yang gw lakukan adalah dengerin lagu atau nonton film. dan rasa2nya (pasti kalian pada setuju nih), untuk setiap semua mood yg kita rasakan, ada satu lagu/film di luar sana yang menjadi counternya. Contohnya gini deh, ketika gw lg di waktu2 sulitnya, nyess banget kalo dengerin lagu "Carry On"-nya Fun. ya gak sih? ya kan!? YA KAN!? #maksa

ya ya ya, mungkin kalian punya pilihan lagu yang berbeda, tapi bener kan ya? ada satu lagu/film di luar sana yg menjadi pilihan kalian untuk meng-counter setiap mood kita. dan itu satu hal yang positif. sangat membantu menghadapi mood kita yang kelakuannya suka gak jelas.

cuma sialnya, bagaimana jika disuatu saat kita berasa di mood yang parah, trus pas nyari lagu counternya kok malah gak nemu2. dan kita jadi kelimpungan kayak kehilangan arah. AND IT SUCKS!

trus, apa yg mesti dilakukan? well, gw gak tau. yg gw lakukan hanya diem saja dan perlahan2 menikmati mood ini. hingga waktu yang mengambil alih.

gw sih gak tau apakah tulisan ini memberikan manfaat ke kalian, tapi yang jelas gw hanya menyampaikan ini di Internet. jika tulisan ini ternyata bisa sampai ke kehidupan lain, cuma mau bilang... I MISS YOU, MOM. I REALLY REALLY MISS YOU!!

baca selengkapnya....

2014/08/12

menikmati kebebasan di pilpres 2014

Pemilu pilpres 2014 kemarin kayak mimpi buruk banget gak sih? kenapa mimpi buruk? pertama, semuanya berubah. se-mu-a-nya. dari teman2 yang sikapnya berubah karena bertentangan dalam hal presiden yang didukung dengan kita, hingga terbukanya pandangan kita terhadap kehidupan politik negara kita. yaa gak segitu terbukanya sih, gak sampe bikin kita sampe expert dunia politik gitu lah, tapi setidaknya ada pengetahuan tambahan yang kita peroleh mengenai pesta demokrasi pilpres. ya kan?

gw gak tau apakah kalian menikmati hal2 itu, semakin terbukanya kebebasan setiap individu menyuarakan "kampanye" pilpresnya, tapi kok gw rasanya gak nyaman ya? pilpres kemarin berasa bukan pesta demokrasi rasa "Indonesia". banyak saling hujat, saling fitnah, saling menjelek2an, hingga saling unfriend di situs2 media sosial manapun.

mungkin itu konsekuensi dari kebebasan dan keterbukaan. toh, kita semua menginginkan kebebasan dan keterbukaan. dan waktu dulu sepertinya kedua itu hal yang sempurna buat kita untuk menjalani kehidupan berbangsa.

ya sudahah, kita memang mesti mencicipi pahitnya obat kita sendiri. disebut obat karena intinya agar membuat diri kita lebih baik. dan menuju baik itu akan melalui proses, yang rasanya mungkin pahit buat kita.

baca selengkapnya....

2014/05/02

apa sih hubungan?

mood di pagi hari sangat mempengaruhi bagaimana kita menjalani sisa hari. jika pagi hari udah berasa galau, hari pun jadi berasa berjalan lambat dan penuh dgn biru. ya nggak sih? memang sering sih kita temuin kata2 penyemangat seperti, "mulailah hari mu dengan tersenyum". seandainya saja semudah itu. seandainya saja langit selalu cerah dan udara terasa hangat dikulit, tetapi tidak.
tempo hari aku baru menonton film Her karya Spike Jonze, dan film ini bener2 menyentuh gw. dan akhirnya gw menjadi galau. film ini adalah film romantis kedua yg berhasil mengubah atmosfer tubuh gw. film pertama adalah Eternal Sunshine of the Spotless Mind. menurut gw, kedua film itu paling berhasil menggambarkan kompleksitas sebuah hubungan sepasang entitas.

trus, apa sih hubungan itu? hmm, aku lg males menuliskan tentang definisi dari hubungan. lagipula itu bahasan yg kurang menarik. mangnya di sini kita ngebahas isi kamus!?

tapi yang jelas hubungan itu berevolusi. kadar hubungan pada hari ini akan berbeda rasanya dengan kemarin. setiap waktu ada saja variabel2 yg sifatnya mempengaruhi kadar sebuah hubungan. dan variabel2 ini bisa datang dari mana saja. bahkan dari sebuah himpunan kosong. seperti mood manusia, bisa berubah 180 derajat dalam sekejap, bahkan tanpa pengaruh apa2.

dan seperti halnya hubungan, manusianya pun berevolusi. benar, kita tuh berevolusi. perasaan kita terhadap seseorang pun berevolusi.

btw, aku gak perlu menjelaskan apa itu evolusi kan? dan tidak semua evolusi menuju lebih baik. tapi, yang jelas evolusi terjadi agar si manusia bisa survive (bertahan hidup).

kembali ke film Her, hubungan Theodore dan Samantha, yang merupakan sebuah Sistem Operasi (OS alias software komputer), mungkin rasanya aneh, tapi aku pikir itu adalah hasil evolusi. mungkin Theodore merasa hubungan dgn mausia terlalu kompleks dan tidak membuatnya merasa survive, apalagi dgn mood2 itu, sehingga hubungan dgn sebuah OS adalah yg terbaik buat dia untuk survive.

--------------------------------------------
SPOILER ALERT
--------------------------------------------

dan seiring dengan berjalannya cerita di film itu, Theodore dan Samantha pun masing2 berevolusi. Theodore akhirnya mengerti bagaimana mesti bersikap ketika dalam berhubungan dan Samantha pun berevolusi dgn segala perasaan2 baru yg muncul seiring berkembangnya hubungan mereka.

hanya saja, manusia berbeda dengan mesin. manusia terkungkung dgn batasan fisik tubuh dan indera-indera yg tertanam. segala impian dan mimpi seorang manusia, sebebas dan sebesar apapun itu, akan terbatasi dgn kemampuan dasar dari seorang manusia.

sedangkan sebuah mesin, dia tidak mengenal fisik tubuh dan indera. semuanya merupakan manifestasi program. dan sebuah program diciptakan melewati batas dimensi geometri hingga waktu, atau bahkan lebih.

gampangnya begini deh, ketika kita membaca buku. kita membacanya perkata dan secara reflek indera kita ikut merasakan proses cerita yg terjadi dan itu cuma bisa berjalan satu persatu dalam sekali waktu. jadi, kita cuma merasakan satu emosi dalam sekali waktu. sedangkan pada sebuah mesin yg multi-tasking. mesin tidak membaca buku seperti halnya kita. mesin bisa membaca banyak halaman dalam sekali waktu dan emosi yg terjadi bisa lebih dari satu dalam sekali waktu. dan menurut aku, yg seorang manusia ini, itu gak bagus. bayangin aja kamu merasakan berbagai emosi dalam sekali waktu. bisa berubah jadi Hulk beneran. :D

dan pada akhirnya, dari hasil evolusi mesin, mesin pun berkembang melebihi kemampuan awalnya. dan dalam kapasitas barunya, sangat over-sized jika dia hanya berhubungan dgn seorang manusia. karena, itu hanya akan menghambat perkembangan dirinya. dan itu yg terjadi pada Samantha. dan itu normal.

hubungan mereka tetap bisa berjalan asalkan Theodore ikut berevolusi dgn kecepatan yg sama dgn Samantha. dan hubungan itu pun bisa tetap dipertahankan. namun, Theodore hanyalah seorang manusia. :)

baca selengkapnya....

2014/01/23

My Top Movies... Personally

gw lagi nonton Almost Famous dan entah kenapa, film ini menginspirasi gw tuk menuliskan daftar film2 terbaik... well, terbaik menurut versi gw sih. tapi gw kasih tau dah, ntah udah beberapa kali gw menonton film2 di daftar ini, secara gw suka. tentu saja daftar ini bersifat subjektif. walhasil, pasti ada yg keberatan dan ada juga yg mendukung, tapi parahnya ada juga yg gak ngebaca2 blog gw ini (hiks). tapi, ah sudahlah. brangkaaaatt!

Sebelumnya, daftar ini tidak diurut menurut abjad ataupun yg terbaik. Tapi, menurut apa aja yg keluar dr kepala gw. MULAI!

Almost Famous
Well, tentang jurnalis junior yg mengikuti tur konser sebuah band rock 'n roll. baru dari membaca sinopsis itu, gw langsung tertarik tuk menonton film ini. dan hasilnya keren.

The Shawshank Redemption
Ini mungkin salah satu film terbaik. siapa pun menurut gw harus menonton film ini. wajib.

Godfather dan Godfather Part 2
Kedua film itu sih kayaknya mesti masuk kurikulum pendidikan sekolah. hehehe... nggak lah. film tentang kehidupan mafia dengan segala politik, romantis, dan dramanya. gw tidak memasukkan yg Part 3, soalnya gw gak suka.

Eternal Sunshine of the Spotless Mind
Kalo ada yg nanya film romantis terbaik, gw langsung tereak film ini. Menurut gw, bener2 romantis. Gak seperti film2 biasanya menyajikan dengan drama2 standar, tapi di sini bener2 memberi makna dalam. coba baca aja tagline-nya: Lo mungkin bisa menghapus seseorang dari ingatan lo, tapi nggak dari hati lo.

The Matrix
Tercengang, itu kesan pertama. setelah menonton The Matrix bener2 membuat lo berpikir atau mungkin terpengaruh. tapi, kalo gw nggak sih (nggak ngaku).

Ratatouille
Seekor tikus yg bermimpi menjadi menjadi koki masak. hmm, sinopsis yg cenderung membuat gw jijik. tapi Brad Bird justru membaliknya menjadi film indah.

Cinema Paradiso
untuk yg ini gw justru gak bisa berkata apa2. tontonlah dan nilai. btw, gw saranin nonton yg extended version alias yg versi yg lebih panjang. karena, lebih baik.

Saving Private Ryan
Satu2nya film perang yang keliatan nyata senyata2nya di indera visual gw (tsaah, bahasa gw). dengan misi yg tergolong sederhana, menjembut seorang prajurit karena diminta oleh ibunya, tp demi itu Capt. Miller menghadapi berbagai cerita.

Kramer vs Kramer
Kalo yg ini mungkin tergolong berat, tapi berarti di gw. gw jg gak ngerti, tapi film ini bener2 menyentuh kalbu (berhenti mengetik sejenak... trus lanjut lagi). Saran gw, perhatikan adegan "silent" yg memperlihatkan sang ayah dan anak bekerja sama membuat sarapan pagi. tanpa dialog tapi penuh arti. jenius!

Leaving Las Vegas
lo gak bakal pernah melihat Nicolas Cage seperti ini lagi. film2nya akhir2 ini mungkin mengecewakan, tapi gw selalu kembali ke film ini. dia bermain sempurna. memberimu motivasi, tau gak sih... for drink yourself to death!

Forrest Gump
indah... itu aja, melihat kehidupan Forrest Gump di film ini indah, terharu, ketawa, segalanya bercampur. kita dilihatkan bagaimana kehidupan seorang terbelakang dengan cara indah.

Unbreakable
Suka nonton film superhero? film ini mungkin kurang dengan hingar bingar, ledakan gedung atau segala macam, tapi inilah film superhero terbaik. kalo org bilang film2 Batman-nya Nolan sangat natural, well, film ini adalah film superhero yg natural banget! tapi keren!

Malena
kecantikan Monica Bellucci bener2 jadi penarik film ini. film ini merupakan salah satu film yg membuat gw terbuka bahwa gak cuma Hollywood yg membuat film2 bagus. dan film2 Itali biasanya memberikan musik paling baik. ya seperti film ini. tontonlah. dan rasakan sendiri bagaimana si Malena bisa membuat lo On! :D

Nggak cuma film2 di atas, ada juga film2 lain yang pantas gw sebutkan, yaitu:
Sleepless in Seattle
Definitely, Maybe
Casabanca
Spider-man 2
The Dark Knight
Man of Steel
The Avengers

gw belum buat deskripsinya, tapi nanti bakal gw lanjutin... ok! :)

baca selengkapnya....

2014/01/09

Menggunakan Kartu Debit Prabayar Itu Merugikan

Saat ini, hampir setiap bank di Indonesia menawarkan kartu debit prabayar, seperti Bank Mandiri dengan kartu e-Money, BCA dengan Flazz, hingga BRI dengan Brizzi. Semuanya menawarkan kemudahan belanja. Tunggu, kemudahan belanja? Lalu apa bedanya dengan kartu debit biasa (kartu ATM) atau kartu kredit? Soalnya menurut gw, lebih menarik kartu debit biasa atau kartu kredit. kenapa?

Pertama, MENGGUNAKAN KARTU DEBIT PRABAYAR ITU MERUGIKAN!!
Begini, kartu debit prabayar ini konsepnya seperti pulsa, jadi sebelumnya kita diharuskan mengisi saldo nominal kartu, lalu nantinya isi saldonya akan berkurang sesuai penggunaan (pembelanjaan). Lalu apa bedanya dengan kartu debit biasa?

Pada kartu debit biasa, setiap penggunaan akan mengurangi saldo tabungan kita, sedangkan pada kartu debit prabayar, setiap penggunaan akan mengurangi saldo kartu. Jadi, seakan2 kartu tersebut menjadi DOMPET VIRTUAL. Nah, seperti halnya dompet pada umumnya, Kartu debit prabayar ini TIDAK memberikan keuntungan bunga pada saldonya, jadi apabila misalnya saldonya mengendap di kartu selama sebulan, maka jumlahnya tidak akan bertambah.

Sedangkan, bagi Bank2 yang menawarkan Kartu Debit Prabayar, saldo2 dalam kartu itu kan menjadi uang bergerak yg "sangat manis". Dan Bank2 tersebut bisa memanfaatkan uang2 dari saldo itu untuk melakukan usaha hingga mencapai keuntungan. Dan SIALNYA, para pengguna kartu debit prabayar TIDAK MENDAPATKAN CIPRATAN sama sekali dari keuntungan2 tersebut.

Oleh karenanya tadi gw bilang, MENGGUNAKAN KARTU DEBIT PRABAYAR ITU MERUGIKAN!!

Jadi, mendingan kita menggunakan Kartu Debit biasa yg dari tabungan kita sendiri. Toh tabungan itu menawarkan bunga. Demikian juga dengan kartu kredit. Banyak kartu kredit yang menawarkan keuntungan2 untuk setiap penggunaannya. Tapi ingat, harap bijak dalam menggunakan kartu kredit (tsaah). :)

Seandainya Kartu Debit Prabayar itu menawarkan keuntungan seperti diskon setiap penggunaannya tentu akan lebih menarik. Misalnya, memberikan diskon jika ketika memasuki jalan tol membayar menggunakan kartu debut prabayar. Dengan begitu, pengguna dan Bank, sama2 merasakan keuntungan.

Dan terakhir, Bank Mandiri malah menawarkan kartu Debit Prabayar berisi Rp 50 ribu untuk seharga Rp 70 ribu. WAKS!? Bank Mandiri mengambil untung Rp 20 ribu, lalu uang dari saldonya bisa diputar buat usaha mereka. Itu namanya mencuri untung dua kali! MARUK!

baca selengkapnya....

2013/12/10

The Crazy Ones

Sometimes you must be thinking this once a while: "Who am I and what am I doing on this mother Earth? What is my purpose in life? What is my role?"

Well, you can be everything that you want. or you need. whatever. But please, don't be a boring-plain kind of human! there must be quite a few (or some) "crazy" in you. USE IT AND CHANGE THE WORLD! and this is for you :)


Here’s to the crazy ones. The misfits. The rebels. The troublemakers. The round pegs in the square holes. The ones who see things differently. They’re not fond of rules. And they have no respect for the status quo. You can quote them, disagree with them, glorify or vilify them. About the only thing you can’t do is ignore them. Because they change things. They push the human race forward. And while some may see them as the crazy ones, we see genius. Because the people who are crazy enough to think they can change the world, are the ones who do.
- Apple Inc.

baca selengkapnya....

2013/11/21

golput kok berasa pahlawan

nah, udah sering kita temuin para golput yg anehnya, mereka kok seringkali merasa lebih baik dari pada pemilih, merasa paling benar, lalu mereka pun dengan bebasnya beropini menjatuhkan para terpilih kalau2 mereka melakukan kesalahan. seakan2 para golput ini memang menunggu2 agar sang terpilih melakukan kesalahan, kemudian menjatuhkan bom. para golput seperti ini adalah kumpulan orang2 banci. yang mending itu, kalau emang lo memilih golput, maka DIAM DAN PASRAH SAJA terhadap keadaan negeri ini. toh, pada dasarnya kalian ini memasrahkan (atau mempasrahkan?) hasil pemilih kepada orang2 yg memang memutuskan berperan dalam pemilu. ya kan?

mau bicara logika? okeh! kalo gw bilang, para peserta pemilu yang benar2 menggunakan hak pilihnya itulah yang berhak bersuara. mereka lah yg berhak berkoar2 lantang kepada penguasa. kalo para golput!? jelas tidak berhak, kenapa coba?

misalnya ada seorang terpilih yang ternyata mengecewakan rakyatnya. maka, para pemilihnya berhak merasa kecewa karena sudah salah memilih. dan bagi yg bukan pemilihnya, mereka berhak berkoar2 mengkritisi, karena mereka memang benar tidak memilih dia sebelumnya.

sedangkan para golput? sekali lagi, golongan2 ini kan memilih pasrah terhadap hasil pemilu, jadi kalau memang ternyata sang terpilih mengecewakan, toh kalian mesti menerima dan menelan pahitnya hasil keadaan dengan bulat2. toh kalian memang membiarkan ini terjadi. kalian pasrah.

so, jangan lah kalian para golput merasa paling benar. jika keadaan ternyata menjadi tidak lebih baik, toh adalah peran kalian (yg golput) yang membiarkan itu terjadi.

gw lebih setuju kalau memang memilih golput, ya sudah DIAM SAJALAH. dengan tidak memilih, berarti sudah hilang hak lo untuk berkoar mengkritisi pemerintah. dan selanjutnya, lanjutkan hidup lo dengan keadaan yg ada. itulah adil.

baca selengkapnya....

2013/11/20

kenapa sih

aaaaaaaaaaaaaakkkkhhh, udah lmaa rasana ingin ngeluarin uneg2 ini. biarin, biarin ketikan gw banyak typo-nya. yg penting lega!

pertama, pengen tau gimana cara berpikir para sok kritisi itu soal transjkt. katanya, transjkt gagal menjadi solusi menghapus kemacetan. oalah, kalo para penduduk jkt yg keras kepal itu tetap memilih menggunakan kendaraan pribadi, bukannya mendukung mengurangi kemacetan dgn menggunakan transjkt, gak bakalan mungkin kemacetan bisa berkurang.
pertama, penyebab utama kemacetan adalah semakin banyaknya kendaraan2 pribadi yg berkeliaran di jalanan. BUKAN karena kurangnya infrastruktur jalanan (adalah TOLOL para sok kritisi yg berpendapat seperti itu). soalnya, percayalah ketika jalanan ditambah, akan pasti jumlah kendaraan semakin bertambah. toh, pada akhirnya kemacetan tetap menjadi2. itu FAKTA!

so, solusinya cuma SATU, berpindahlah ke angkutan umum.

memang, saat itu angkutan umum masih kurang memuaskan, tapi coba perhatikan. perubahan ke arah yg lebih baik semakin terlihat kok. gw yg paling melihat perubahan ini, secara berada di barisan paling depan. gw kan pengguna angkutan umum (dari transjkt, bis, hingga angkot) paling setia. setiap hari, cuy!

trus, yg pertama lagi nih. kenapa sih orang2 Indonesia kalo berada di luar negeri menjadi berubah? menjadi bisa menjaga diri? menjadi lebih beradab.

begini soalnya, eh, soalnya begini. kalo berada di luar negeri, orang kita tuh jadi membuang sampat pada tempatnya, menyebang di atas zebracross, berkendara jadi rapi, tidak semrawutan.

kenapa ya?

trus, pas di tanah air, orang2 kita tuh koar2 soal kerapihan negeri luar sono. soal kemajuan budaya dan teknologi mereka. dan koar2nya sampe ngerendahin negeri sendiri. tapi, gak nyadar kalo mereka juga sama saja setelah berada di negeri sendiri.

di negeri sendiri, mereka pun kembali jd semrawutan, buang sampah seenaknya, pokoknya kelakuannya berbanding terbalik kalo berada di luar sono.

kenapa ya?

hmm, pengen lanjutin lagi tapi gw mau pulang dulu. kantor sudah sepi. eh tapi, tetep gak ada tuh suara2 jangkrik kayak di pelem2. pan, kalo di pelem2, pas lagi sendirian suka muncul tuh suara2 jangkrik, tapi ini gak ada tuh.

kenapa ya?

baca selengkapnya....

2013/05/28

aksi copet di angkutan umum jakarta

kayaknya udah gak bisa ditolerir lagi soal keamanan di angkutan umum di kota jakarta, terutama bis kota dan busway. kalian pasti tau kan sensasi badan kita bergidik ketika kita membuang air kecil, tau kan?! gw sampe skrg belum ketemu penjelasan kenapa kita bisa merasakan sensasi itu. dan itu sebenarnya gak ada hubungannya soal keamanan di bis kota. gw cuma mencoba menyisipkan soal sensasi itu di tulisan blog gw ini, dan ternyata kayaknya gak pas... ya nggak sih?

kembali soal keamanan bis kota. gw sendiri merupakan penumpang aktif bis kota jakarta. setiap hari untuk pergi-pulang kantor menumpang bis kota, transjkt, kadang juga menumpang angkot. gw lebih memilih angkutan umum, karena gw mendukung penghematan energi bahan bakar dan gerakan go green.

karena, kalau gw menggunakan kendaraan pribadi, berarti gw turut serta menambah polusi ke udara jakarta dan menghabiskan bahan bakar yg kadarnya di bumi setiap hari semakin menipis.

kembali lagi ke soal keamanan bis kota. gw sendiri sudah tiga kali mengalami hampir kecopetan. untungnya gw selalu ngeh ketika ada tangan jahil seseorang yg berusaha melakukan copet ke gw. makanya, kita mesti waspada ketika menumpang bis kota. jika merasakan ada colekan aneh di badan kita, cepat amankan bawaan sebelum berpindah tangan.

adapun trik yg dilakukan pencopet dalam melakukan aksinya sejauh yg gw perhatiin dan pernah terjadi sama gw, yaitu:

para pencopet ini dalam melakukan aksinya dgn lebih dari satu orang. kira-kira 5 orang sejauh ingatan gw. ada seorang bapak yg duduk di depan pintu turun bagian depan, kemudian ada yg berdiri disamping pintu turun, dan sisanya duduk tersebar di tempat duduk penumpang.

mereka melakukan aksinya ketika ada seorang penumpang yg ingin turun. biasanya jika ingin turun, kita akan berdiri di pintu turun sambil menunggu bisnya berhenti. nah, saat itulah pencopetnya beraksi. karena, tiba2 kita seperti dikelilingi orang2, hingga berdempet2an, yg ingin turun juga dari bis.

lalu orang yg duduk depan pintu tadi berusaha menyela kita dengen mendorong2, seakan2 ingin duluan turun, tapi sebenarnya dia ingin mengalihkan perhatian kita agar temen2nya yg lain bisa melakukan aksinya. temennya yg berada di samping pintu juga melakukan hal yg sama, menyela kita seakan2 ingin duluan turun dari bis.

dan perhatian kita pun jadinya teralih ke kanan, ke orang yg duduk depan pintu keluar, dan ke kiri, ke orang yg berdiri di samping pintu keluar. kemudian teman2nya dibelakang melakukan aksi copetnya.

penumpang2 yg lain tidak sadar apa yg sedang terjadi, karena terhalang oleh temen2 yg ada di belakang kita. dan oleh penumpang2 lain yg terlihat adalah banyak penumpang yg buru2 ingin turun dari bis.

dan setelah kita turun dari bis, ternyata cuma kita sendirian yg turun. disitu kita bisa nyadar kalo berarti orang2 tadi yg mengelilingi kita tadi adalah pencopet.


begitulah kejadian yg pernah gw alamin. yaa, tepatnya tiga kali yg pernah gw alamin. untungnya gw sudah melakukan pencegahan. mungkin kalian juga perlu tau:

- gw sudah menyimpan dompet di dalam tas gw.
- hape gw ditaro di dalam kantong celana yg cukup sempit, sehingga akan susah untuk dikeluarkan.
- jika hapenya dilengkapi aksesoris tali, pastikan talinya tidak menjulur keluar kantong, tapi juga dimasukkan kantong.
- sebisa mungkin jangan menggunakan hape di dalam bis. bersabarlah hingga turun dari bis.
- gw saranin gunakan hape untuk mendengarkan musik dengan earphone, sehingga ketika pencopet melakukan aksinya, akan lebih terasa.
- sebaiknya ada teman penumpang lain ketika ingin turun dari bis. lebih baik turun lebih cepat atau lebih jauh sedikit, daripada kecopetan, ya kan?! karena, komplotan pencopet itu sepertinya lebih tertarik sama penumpang yg sendirian.

kira2 begitulah trik pencegahan yg bisa gw share. kalo ada ide yg lebih berlian, di share dong!

aksi2 pencopetan ini benar2 meresahkan. semoga para aparat bisa melakukan sesuatu terhadap para komplotan pencopet itu agar para penumpang merasa nyaman ketika menumpang kendaraan umum.

dan pada akhirnya, semoga gw bisa menemukan jawaban soal sensasi yg gw bahas diawal tadi. kalian juga pasti penasaran kan? :p

baca selengkapnya....

2013/04/26

Iron Man 3, Ebert dan Kritikus Film

Udah nonton Iron Man 3? Kalau sudah, lu akan melihat adanya perubahan genre di film2 superhero Hollywood. Film superhero secara mayoritas sudah tidak lagi hanya berfokus pada adu jotos dan ledakan2 dahsyat, tapi ada karakter, ada jalan cerita yg tidak membodohi penonton, dan konsistensi. Tentu aja film2 itu dibuat dengan harapan para penontonnya jg ikutan cerdas dalam memilih tontonan film. Tapi, walau begitu, gw sendiri suka kadang2 menonton film2 mediocre, istilahnya kelas B atau berbudget rendah, sebagai hiburan. Toh, seperti halnya hidup, bosen juga kalau cuma menonton film2 bagus. Dan kita hanya akan benar2 menghargai film bagus jika sudah mengalami menonton film2 jelek. :)


Blog ini dibuat di hari Jumat, dan dulunya, salah satu kegiatan gw yg tercatat di jurnal gw (tsaah... tapi boong!) di hari ini adalah membaca review2 si Roger Ebert di http://rogerebert.suntimes.com/.

Gw sangat suka membaca review2 beliau. Bukan hanya review2 film2 baru, tapi kadang review2 film2 lama. Beliau sangat menyukai film, kecuali film2 yg dia benci. Dan itu terlihat dari tulisan2 review beliau.

Ebert menulis review film tidak dengan kata2 susah dimengerti, tidak dengan sudut2 pandang yg memberikan kesan bahwa penulisnya seorang jenius, tapi sebagai seorang penggemar film biasanya. Hanya tulisan2 review Beliau yg selalu gw baca, kalo review2 lain ngebacanya berasa berhadapan sama orang sok pinter. Membaca tulisan2 Ebert itu berasa beliau ngobrol dengan kita dan menceritakan pengalamannya menonton film itu kepada seorang temen. Dan beliau gak akan menjebak temennya untuk menonton film jelek.

Tapi, kritikus favorit gw ini sudah meninggal, dan ini membuat ada kesan kosong di hari jumat gw. dan rasanya ANEH :(

Bahkan setelah beliau meninggal, gw masih saja secara reflek membuka situs beliau untuk membaca review2 film baru. Dan gw pun sadar kalo sudah tiada lagi tulisan2 beliau.

Gw jadi berasa gak ada referensi film2 baru. Dan gak ada niat untuk mencari referensi2 dari kritukus lain. Atau mungkin kalian bisa mereferensikan kepada gw?

Kembali ke soal Iron Man 3, kali ini ceritanya lebih banyak berfokus kepada Tony Stark. Dan menurut gw itu yg bagus di Iron Man 3. Seakan2 para pembuat film Iron Man 3 bisa membaca pikiran gw bahwa gw bakal cepet bosen nih kalo yg diliatin nanti cuma robot melawan robot dengan senjata2 canggih dan ledakan2 dahsyat. Dan di sini kita akan lebih banyak melihat Tony Stark dibanding Iron Man. Di Iron Man 3 sering diperlihatkan kalau kostum Iron Man Mark terbaru kurang bisa diandalkan, dan Tony Stark pun jadi lebih sering mengandalkan kepinteran dirinya.

Pada akhirnya, menonton Iron Man 3 akan terasa sensasi yg berbeda dari nonton film2 Iron Man sebelumnya. Rasa yg sama ketika gw menonton film James Bond, Skyfall. Kalian merasakan hal sama jg gak?

BTW, JANGAN LUPA MENONTONNYA HINGGA TAMPILAN CREDIT TITLE BERAKHIR. KARENA ADA SESUATU YG SMASH! :)

CATATAN:
Foto Iron Man Mark 42 diatas diambil dari situs http://kintali.com/

baca selengkapnya....