2013/02/26

Ada yg baru nih... Firefox OS


Satu lagi OS baru hadir di dunia mobile, yaitu Firefox OS. kalo "Firefox" sih mungkin kalian sudah pada tau, yaitu salah satu browser populer. namun masih banyak saja yg masih menyebutnya sebagai Mozilla. walau sebenarnya sih gak salah2 banget, secara Mozilla itu merupakan nama produsennya (kira2 nama kantornya lah) dan Firefox adalah nama produknya. lalu, apa bedanya Firefox dengan Firefox OS? Btw, penulisan yg benar adalah Firefox OS, bukan FirefoxOS!

Firefox OS merupakan Sistem Operasi open source berbasis Linux yg keseluruhan operasinya berjalan di atas platform HTML5. di atas platform HTML5 maksudnya aplikasi2 yg dijalankan di atas Firefox OS merupakan aplikasi2 HTML5 alias berbasis web.

Sebenarnya seperti apa sih aplikasi2 HTML5 itu? kamu-kamu pasti pernah memainkan game2 yg ada dalam Facebook, seperti farmville dan beberapa lainnya. nah, game2 itu merupakan contoh2 aplikasi HTML5. udah paham kan? emang kalo dijelasin dengan contoh game biasanya cepet nyerapnya :)

Kemudian, kalo kamu perhatikan game2 Facebook itu, game2 tersebut tidak terinstalasi di PC (komputer) kita, tapi kita memainkan game2 tersebut langsung dari web. jadi, cukup dengan menggunakan sebuah browser, kita sudah bisa memainkan segala jenis game dan bahkan aplikasi yg ada di Facebook secara online alias langsung dari web. dan kita bisa menjalankan game-game tersebut pada komputer2 yg berbeda. kita tinggal login Facebook di komputer, seterusnya tinggal kita mainkan.

Dan satu lagi, kita bisa menjalankan game-game Facebook tersebut pada komputer dengan spesifikasi rendah hingga tinggi, tidak ada perbedaan berarti. yg menjadi perhatian adalah besarnya bandwidth yg digunakan untuk mengakses Facebook.

Demikian juga nantinya dengan Firefox OS. simpelnya, bisa dikatakan bahwa Firefox OS ini layaknya sebuah browser yg dijadikan OS mobile, dengan aplikasi2 yg berbasis web dgn platform HTML5. makanya, pada situs resmi Firefox OS dituliskan bahwa "The Web is the platform".

Salah satu keunggulan OS mobile yg berbasis web yaitu membuat Firefox OS bisa berjalan pada ponsel yg berspesifikasi rendah. hanya saja, dengan semakin kompleksnya aplikasi2 mobile saat ini, sehingga akan membutuhkan plug-in/library tambahan sehingga pada akhirnya tetap akan membutuhkan resource yg lebih tinggi. so, kita pengguna ponsel jangan mudah termakan dengan pernyataan2 seperti itu.

Android pun sebelumnya menyatakan hal yg sama, bahwa OS mobile-nya bisa berjalan pada ponsel kelas rendah, tapi seiring kehadiran versi2 Android terbaru, Ice Cream Sandwich hingga Jelly Bean, pernyataan itu pun ikut tenggelam.

Ponsel dengan Firefox OS rencananya baru rilis pada akhir Q2 2013 atau sekitar bulan Juni 2013. namun, kita sudah bisa sedikit mencicipinya melalui browser Firefox dengan menginstalasi plug-in tambahan, yaitu Firefox OS Simulator

Secara konsep, Firefox OS ini mirip seperti Chrome OS. nah lho, apaan lagi tuh? Mungkin pembahasan soal Chrome OS dibuat pada artikel terpisah aja. gak papa ya? ;)

Trus, yg terakhir. ternyata masih banyak yg mengira bahwa Firefox itu adalah Rubah Api. itu SALAH! Firefox itu sebenarnya sejenis Red Panda. hal ini juga dijelaskan dalam FAQ Mozilla. Jadi, sekarang udah tau kan, kalau Firefox itu bukan sejenis Rubah, tapi sejenis Panda. jadi tolong diingat, Firefox bukan Fire Fox :)

No comments:

Post a Comment