2010/04/28

akhir sebuah era

dalam perjalanan dari bandara soekarno-hatta menuju rumah, aku berpikir. inilah dia, inilah satu saat yang memang gak bisa dihindari akhirnya datang. inilah akhir dari sebuah era. kenapa bisa begitu?

semalam aku mengantarkan adik ku yang bungsu ke terminal 2 bandara soekarno-hatta. dia berangkat ke korea untuk memulai pekerjaannya sebagai perwira di sebuah kapal barang di korea. rencananya, rute kapal tempat kerjanya akan berlayar sekitar korea-china-jepang dan terkadang mungkin ke philiphina dan malaysia, namun tidak ke indonesia. dan dia akan berlayar minimal selama 10 bulan sampai 1 tahun. jadi, mungkin 1 tahun aku bisa bertemu lagi dengan adikku yang paling bungsu ini.

ketika pulang dari usai mengantar adikku di bandara, flashback gambar-gambar masa lalu langsung berputar di kepala. kenangan-kenangan di masa lalu, ketika kita semua berkumpul bersama di satu rumah dan kerjanya selalu membuat susah orang tua. kenangan saat-saat ketawa dan menangis, kenangan-kenangan yang gak akan terlupakan. dan itu semua adalah kenangan yang terbaik.

lalu, kenapa dengan akhir sebuah era? dengan berangkatnya adik bungsuku ini, maka resmilah sudah bahwa tidak ada lagi saudara-saudara kandungku yang meninggali rumah di makassar. setelah aku, lalu adikku yang kedua yang sekarang bertugas di sulawesi utara, kemudian adekku yang ketiga yang tinggal di tempatnya sendiri bersama suaminya, dan terakhir adikku yang bungsu sekarang sudah berlayar di luar negeri. rumah, di mana kami semua dibesarkan, sekarang hanya ditinggali orang tua dan saudara sepupuku. tapi, tetap saja orang tua ku akan merasakan sepinya suasana rumah.

apa yang dulu dikhawatirkan mamaku sudah terjadi. kita semua bersaudara benar-benar sudah menjauh dari rumah. hmm, bukan menjauh "menjauh", kami semua akan berkumpul di rumah hasil karya mama itu, mungkin pada saat lebaran atau acara2 lainnya. yang jelas, kita pasti akan berkumpul lagi. aku gak sabar menunggu saat itu.

sukses tuk saudara-saudara ku. i really miss you, guys!

No comments:

Post a Comment