2010/04/05

booking tiket pesawat secara online

enaknya di jaman internet saat ini, segala kebutuhan kita hampir semuanya difasilitasi dengan internet. salah satunya untuk booking tiket pesawat. bagi yang sering bepergian menggunakan pesawat atau yang sering dimintain bantuan buat booking tiket pesawat (yang ini maksudnya gw), fasilitas booking online emang sangat membantu mempercepat proses booking tiket. hanya saja, gak semua maskapai menyediakan fitur tiketing yang memuaskan. di sini gw pengen membahas 3 (tiga) fitur yang menurut gw mestinya disediakan oleh maskapai. dan maskapai yg gw survey hanya 4 (empat) maskapai yang paling sering gw manfaatkan fasilitas online-nya: Lion Air, Batavia Air, Merpati Air, dan Garuda Indonesia. tadinya gw berniat mensurvey semuanya, tapi hey! I HAVE A LIFE! :p

yang pertama: melihat jadwal penerbangan
kalo fitur yang satu ini, semua maskapai sudah menyediakan informasinya dengan lengkap. kita sudah dapat mengetahui jadwal berangkat pesawat dari kota asal dan kota tujuan, bahkan kita bisa mengatur agar bisa menampilkan jadwal pergi dan pulang sekaligus.

Namun, khusus untuk maskapai Garuda Indonesia, kita hanya bisa melihat jadwal penerbangan mulai 3 hari kedepan. sehingga, kita tidak bisa melihat jadwal untuk hari ini, besok, dan lusa. dan situs garuda indonesia akan menampilkan peringatan, "Can not book on the departure date prior to tgl Bln TAHUN. please recheck...", seperti gambar di bawah:

Selain itu, pada situs garuda indonesia, kita juga harus memiliki akun terlebih dahulu jika ingin melihat jadwal penerbangan mereka. walaupun proses mendaftar akun ini gratis, tapi tetap saja merepotkan.

kesimpulannya, untuk fitur ini, hanya maskapai Garuda Indonesia yang memiliki nilai kurang.

UPDATE:

Garuda Indonesia sudah mengupdate kekurangan ini pada situsnya. Sekarang kita sudah bisa melihat jadwal penerbangan dan daftar harga tiket untuk keesokan harinya. Dan kita tidak perlu harus login terlebih dahulu.



yang kedua: booking sementara
terkadang setelah melihat jadwal penerbangan, kita kan belum tentu langsung membeli tiket pesawat tersebut. tapi, kita ingin mem-booking terlebih dahulu penerbangan tersebut, tuk menjaga seandainya penerbangan tidak jadi dilakukan. biasanya ini dilakukan untuk menunggu penerbangan yang lainnya yang memiliki harga tiket lebih murah atau menunggu keputusan si calon penumpang sendiri.

semua maskapai seharusnya melengkapi situsnya dengan fitur ini. bukannya memaksa si calon penumpang untuk langsung membeli tiket. namun, tidak semua maskapai memiliki fitur ini. Lion Air dan Merpati Air yang sudah dilengkapi fitur ini.

dan menurut gw, situs maskapai Lion Air yang merupakan penyedia fitur ini yang paling ampuh. soalnya kita bahkan bisa membooking tiket untuk penerbangan beberapa jam kedepan, secara online!

pada situs Merpati Air, kita hanya bisa mem-booking tiket sementara untuk penerbangan yang lebih dari 48 jam kedepan. jadi, kita tidak bisa melakukan booking online sementara untuk penerbangan esok hari.

sedangkan pada maskapai Batavia Air dan Garuda Indonesia, untuk melakukan booking tiket, kita diharuskan membayar tiket tersebut secara full. yang menurut gw, itu sih bukan booking tiket, tapi membeli tiket!

yang repot dari proses seperti itu, booking tiket dengan membayar terlebih dahulu, adalah ketika kita ingin mengganti dengan penerbangan yang lainnya, sedangkan duit kita abis untuk membayar booking penerbangan sebelumnya. akhirnya kita gak bisa mengganti penerbangan lagi, kecuali kita membatalkan pembelian sebelumnya, trus, mengambil uang reimbursh dari maskapai tersebut. kemudian tabung kembali uang tersebut di bank, lalu lakukan kembali proses booking online. repot amat!! itu pun kalo uang reimbursh bisa diperoleh hari yang sama.

kesimpulannya, untuk fitur ini, maskapai Lion Air dan Merpati Air yang menawarkan layanan booking tiket lebih baik.




yang ketiga: pembayaran tiket online
satu hal yang standar dari pembayaran tiket online, yaitu semua maskapai menyediakan pembayaran dengan kartu kredit. yah, itu sih standar saja. pertanyaannya, bagaimana dengan metode pembayaran yang lainnya? bagaimana untuk calon penumpang yang tidak memiliki kartu kredit?

salah satu metode yang bisa digunakan adalah: KlikBCA. dari keempat maskapai yang dibahas di sini, hanya Garuda Indonesia yang tidak menyediakan layanan ini di situsnya (padahal di portal KlikBCA menyediakan pembayaran tiket Garuda Indonesia). sedangkan ketiga maskapai lainnya, Lion Air, Batavia Air, dan Merpati Air menyediakan layanan pembayaran KlikBCA pada situs booking tiket online mereka.

trus, masih adakah layanan pembayaran lainnya? di sini keunggulan maskapai Lion Air. jika melakukan booking tiket online di situsnya, Lion Air juga memberikan layanan pembayaran tiket melalui ATM. layanan ini untuk menfasilitasi calon penumpang yang tidak memiliki kartu kredit dan akun KlikBCA. ATM yang bisa digunakan untuk pembayaran tiket Lion Air adalah:
- CIMB Niaga Bank
- BNI
- ATM Mandiri
- BII
- Permata Bank
- BRI

atau khusus untuk calon penumpang yang merupakan nasabah CIMB Niaga, Bank Mandiri, atau Bank BNI, dia bisa membayar tiket melalui layanan Banking Online CIMB Online Banking, Internet Banking Mandiri or BNI Internet Banking.

kesimpulan untuk fitur ini: hanya maskapai Lion Air yang memberikan pilihan layanan lebih banyak untuk pembayaran tiket. sedangkan Garuda Indonesia yang sangat kurang, karena hanya membatasi pembayaran tiket online dengan kartu kredit pada situsnya.


bonus: reimbursh uang pembatalan tiket
sebelum lupa, ada satu hal juga yang menurut gw penting dalam transaksi booking tiket penerbangan, yaitu proses pembatalkan tiket penerbangan kita.

memang hal ini masih belum bisa dilakukan secara online, setidaknya belum ada maskapai yang memiliki layanan ini pada situsnya. lalu apa permasalahannya di sini? sejauh pengalaman gw, yang jadi masalah adalah waktu yang diperlukan maskapai untuk mengembalikan/reimbursh uang tiket kita.

dan dalam hal ini adalah maskapai Lion Air lah yang memiliki layanan yang paling minus. karena, ketika kita melakukan pembatalan tiket di Lion Air, kita akan diberitahu bahwa kita akan memperoleh pengembalian uang tiket kita sebulan alias 30 hari setelah kita mengajukan pembatalan. kok aneh? kita ingin memperoleh kembali uang kita, tapi kita harus menunggu 30 hari untuk itu?

padahal pengalaman gw dengan Merpati Air dan Batavia Air, gw langsung memperoleh uang pembatalan tiket gw pada saat yang sama ketika gw melakukan pembatalan tiket. mudah dan cepat.

ada apa dengan Lion Air?


hmm, kayaknya itu aja yang bisa gw bahas. semoga berguna.

5 comments:

  1. jaman internet semua serba mudah..sangat menghemat semuanya.

    ReplyDelete
  2. sip2..
    pembahasannya jelas banget.
    jadi cepet dong neh

    ReplyDelete
  3. betul, saat ini teknologi udah menjadi tool yang sangat berguna tuk memudahkan urusan kita. kenapa gak kita manfaatkan?

    :)

    ReplyDelete
  4. no rekening apabila kita ingin melakukan transfer atw pembayaran melalui atm mandiri apa gan.??

    ReplyDelete
  5. gak pake no rekening tujuan kok.

    nanti dari hasil booking tiket online akan diberikan nomor booking dan nomor tiket.

    nah nantinya pas di ATM atau transaksi online ada menu untuk melakukan pembayaran tiket online.

    mudah kan?

    ReplyDelete