2010/07/17

beberapa hal yang menarik dari Google

bagi penikmat internet, Google sih bukan hal yg asing. geblek aja kalo dah sering ber-internet, tapi belum kenal dengan yang namanya Google. berawal dari sekedar mesin pencari (search engine) di web, sekarang Google udah menjadi sebuah kekuatan besar dalam dunia IT. cakar-cakarnya udah menggapai hingga social network (google buzz, google wave), aplikasi (picasa, google earth, google chrome), sistem operasi (chromeOS), dan HARDWARE (nexus one)!!. entah dengan kalian, menurut aku, Google ini adalah sebuah kekuatan yang menakutkan. dan ujung2nya menjelma menjadi Microsoft baru... atau udah?

okelah kalau begitu. trus, apa aja nih yg menarik dari Google? kita mulai deh:

1. mesin pencari (search engine)

menggunakan mesin pencari Google, kita harus menggunakan kata kunci yang tepat. memang dengan kata apa saja, Google akan memberikan hasil, tapi apakah hasil pencariannya sesuai dengan yg kita inginkan? salah satu contoh, misalkan kita ingin mencari alternatif dari blackberry. kita biasanya akan menggunakan kata kunci: blackberry alternative.

well, dengan kata kunci itu, Google akan memberikan hasil pencarian yg kurang memuaskan. tapi, coba gunakan kata kunci: "better than blackberry" (dengan tanda petik), biasanya Google akan memberikan hasil pencarian yang lebih memuaskan.

kata kunci "better than produk" (produk di sini bisa produk apa aja), akan memberikan hasil pencarian alternatif dari produk itu dan (bahkan) produk alternatif yang lebih baik.

2. gmail (Google e-mail)

oke, ini lebih menarik lagi. misalkan kamu punya akun gmail dengan ID: siapasaja@gmail.com. nah, kamu sebenarnya memiliki akun yang lebih dari itu. maksudnya? hmm, mudahnya coba lihat contoh alternatif di bawah ini:
siapasaja@gmail.com
siapa.saja@gmail.com
si.apa.saja@gmail.com
sia.pas.aja@gmail.com
s.i.a.p.a.s.a.j.a@gmail.com

jika kamu mengirim email ke mana aja dari daftar akun2 gmail di atas, makan akan diteruskan ke akun siapasaja@gmail.com.

yup, betul! kamu bisa menambahkan berapapun jumlah titik pada ID akun gmail kamu, sehingga menjadi email "baru", dan semua email yang ditujukan ke email "baru" itu akan diteruskan ke akun kamu yang asli. Google menjelaskan hal ini dalam situsnya.

3. Google Insight

pingin tau kebiasaan orang Jakarta dalam melakukan pencarian lewat Google? gunakan Google Insight. dengan Google Insight, kamu bisa melihat --secara statistik-- apa saja sih yang paling populer yang dicari orang2 di seluruh dunia. nah, misalkan jakarta?

bagaimana menurut kamu tentang kebiasaan orang jakarta?

4. Google Trends

yakin blackberry lebih populer dibandingkan iphone? dengan Google Trends kamu bisa menemukan topik-topik apa saja yang jadi tren para pengguna mesin pencari Google. dan dari gambar di bawah, untuk di dunia, tren iphone masih lebih populer dibanding blackberry. tapi, untuk wilayah Indonesia, blackberry justru lebih unggul.

sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang menarik di Google. tapi, aku males menuliskannya semuanya di sini. aku punya kerjaan lain! toh, kalian bisa menggunakan Google buat mencari hal2 menarik lainnya. ya kan?!

(dikumpulkan dari berbagai sumber, terutama dari tulisan2 Darren, si pemilik All Search Records)

No comments:

Post a Comment